Sunday, January 5, 2014

Mereka Disebut Kimcil

Awalnya aku tidak tahu, apa itu Kimcil. Ketika ngopi bersama teman-teman Di Museum Kota Malang, aku melihat cewe seumuran SMP sedang menikmati rokok dan Softdrink dengan teman-temannya (sesama Cewe) dan salah satu temanku bilang "Kimcil" (sambil memperhatikan kumpulan Para Cewe tersebut). Kemudian aku bertanya sama temanku ini, "apa itu Kimcil ???", temanku menjawab "kimcil itu Kimpet kecil", aku langsung tertawa mendengarnya, pikirku anak-anak Malang ada-ada saja dalam memakai Istilah hehehe...

Foto Ilustrasi Kimcil
Dari salah satu sumber yang aku baca, ternyata Kimcil itu salah satu istilah yang berasal dari Jogja dan Kepanjangannya ada beberapa penafsiran, seperti: Kimpitin Cilik, Kimpol Cilik, yang maksudnya menggambarkan betis para ABG anak sekolahan yang dalam bahasa Jawanya Kempol Cilik.

Secara garis besarnya Kimcil diartikan Cewe-cewe ABG yang kemayu, Centil, Sok Imut, suka foto-foto memakai pakaian yang serba minim, tampil Modis dengan baju-baju Distro, berlagak sok aneh, terkadang over kemayu dan sok manja demi mencari perhatian.

Istilah "Kimcil" memang terus bergerak dan berkembang. Temanku Warga Malang yang begitu akrab dengan dunia malam bilang, Kimcil sekarang sudah menjadi istilah pergaulan. Menjadi istilah sapaan untuk teman akrab. Mirip Istilah Jancuk. Kata temanku, "Pelajar-pelajar di sini (Malang Raya) kalau ngobrol santai-santai sering memanggil temannya Kimcil.

Kata Kimcil sendiri sebenarnya berkonotasi negatif yaitu Pekerja seks yang usianya masih ABG, kalau di Surabaya dan Kota-kota lain biasa disebut dengan ayam putih abu-abu karena merujuk warna seragam SMA. Untuk awal mula munculnya istilah Kimcil sendiri tidak ada yang tahu. Ini sama gelapnya dengan kapan pertama kali muncul pekerja seks anak di Malang. Tapi meskipun begitu, temanku beranggapan Kimcil tidak selalu pekerja seks. Mereka menganggap Kimcil itu anak kecil yang menggemaskan. Walaupun begitu tidak boleh sembarangan orang menggunakan istilah itu karena awalnya identik ayam cilik, sebuah label yang sangat merendahkan dan menyakitkan.





No comments: