Tuesday, March 15, 2011

PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I. Pendahuluan
Dalam rangka mengimplementasikan program pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi Dasar (KD). Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang lagsung berkaitan dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu KD.
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi (SK) yang memayungi KD, yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat:

(1) Tujuan Pembelajaran;

(2) Materi Pembelajaran;

(3) Metode Pembelajaran;

(4) Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran;

(5) Sumber Belajar; dan

(6) Penilaian.

II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
A. Mencantumkan Indentias
* Nama Sekolah
* Mata Pelajaran
* Kelas/Semester
* Standar Kompetensi
* Kompetensi Dasar
* Indikator
* Alokasi Waktu
Catatan:

- RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar;

- Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan;

- Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu KD yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jampelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu KD dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakterisktik KD-nya.

B. Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari KD. Apabila rumusan KD sudah operasional, ruymusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pemlajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
C. Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran adala materi yang digunakan untuk mecapai tujuan pembelajaran. Materi Pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
D. Mecantumkan Metode Pengajaran
Metode dapat diartikan benar-bener sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
E. Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu KD harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan sesuai dengan karakterisktik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegitana penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.
F. Mancantumkan Sumber Belajar
Pemilihan sumber balajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan.
Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional, misalnya sumber balajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
G. Mencantumkan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubik penilaian.
III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................................
Mata Pelajaran : ....................................................................
Kelas/Semester : ....................................................................
Standar Kompetensi : ....................................................................
Kompetensi Dasar : ....................................................................
Indikator : ....................................................................
Alokasi Waktu : ..... x .... menit ( .... pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

B. Materi Pebelajaran

C. Metode Pembelajaran

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Pertemuan 2
Dst.

E. Sumber Belajar

F. Penilaian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Sunda)
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan
secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman,
menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan
bahasan, menceritakan tokoh, dan bercakap-cakap dengan
teman
Kompetensi Dasar : Menyampaikan pengumuman (bewara)
Indikator :

(1) Dapat menyampaikan (mengucapkan) pengumuman dengan lafal, volume suara, dan intonasi yang baik

(2) Dapat menyampaikan pengumuman yang isinya jelas dan lengkap (tidak meragukan)

(3) Dapat menggunakan kalimat-kalimat efektif dan singkat

(4) Dapat menjawab atau memberikan keterangan atas pertanyaan-pertanyaan tentang isi pengumuman

(5) Dapat menyampaikan pengumuman dengan sikap (penampilan) yang baik

(6) Dapat menyempurnakan penyampaian penguman.

1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyampaikan pengumuman (bewara) dengan lafal, volume suara,
dan intonasi yang baik.
2. Materi Pembelajaran
Ngaberawarakeun jeung Ngiklankeun
3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Inkuiri
c. Demonstrasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan awal:
1. Siswa mencermati contoh pengumuman (bewara) yang diberikan guru;
2. Siswa membacakan contoh bewara yang ada;
2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi dan bahasa dari bewara tersebut;
3. Siswa dan guru mengidentifikasi contoh bewara yang ada.
b. Kegitan Inti:
1. Siswa mengidentifikasi bewara yang dibuatnya masing-masing;
2. Siswa secara bergantian membacakan bewara yang dibuatnya;
3. Siswa secara bergantian menilai temannya yang tampil dan memberikan komentar
tentang bewara yang dibuat dan dibacakannya.
4. Siswa dan guru menentukan siapa pembaca dan pembuat bewara terbaik.
5. Siswa dan guru membahas isi dan bahasa yang ada dalam bewaranya masing-masing.
c. Kegiatan Akhir:
1. Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara membacakan dan membuat
bewara yang baik.
2. Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengelaman belajar
saat itu.
5. Sumber Belajar
a. Contoh-contoh bewara
b. Koran dan majalah Sunda yang memuat bewara.
c. Murba Basa, Pangajaran Kompetensi Basa Sunda Pikeun Murid SMP/Mts. Kelas
VII, Penerbit CV. Karya IPTEK Bandung.
6. Penilaian:
a. Teknik : Tes untuk kerja
b. Bentuk instrumen : terlampir
c. Soal/Instrumen : terlampir
PENYUSUNAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBALAJARAN
(RPP)
LANDASAN RPP
PP. NO. 19 TAHUN 2005 PASAL 20
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian, dan penilaian hasil belajar.
PENGERTIAN RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dan Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.
Lingkup RPP paling luas mencakup satu Kompetensi Dasar (KD) yang terdiri atas satu indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
ALUR RPP
SK dan KD
SILABUS
RPP
KOMPONEN RPP
(Minimal)

Tujuan Pembelajaran

Materi Ajar

Metode Pembelajaran

Sumber Belajar

Penilaian Hasil Belajar

FORMAT RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : ......................................................
Kelas/Semester : ......................................................
Pertemuan Ke- : ......................................................
Alokasi Waktu : ......................................................
Standar Kompetensi : ......................................................
Kompetensi Dasar : ......................................................
Indikator : ......................................................

I. TUJUAN PEMBELAJARAN


II. MATERI AJAR


III. METODE PEMBELAJARAN


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Awal

B. Kegiatan Inti

C. Kegiatan Akhir


V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR


VI. PENILAIAN

LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN RPP

1. Mengisi kolom identitas

2. Menenukan alokasi waktu yang dibuthkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan

3. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun

4. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan

5. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus. Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran.

6. Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan

7. Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.

8. Menentukan alat/bahan/sumber belajar yang digunakan

9. Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik peskoran, dll.

PANDUAN PENGEMBANGAN
SILABUS MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN DASAR DAN
MENENGAH
PENGEMBANGAN SILABUS

1. Landasan Pengembangan Silabus

2. Pengertian Silabus

3. Pengembangan Silabus

4. Prinsip Pengembangan Silabus

5. Tahapan Pengembangan Silabus

6. Komponen dan Format Silabus

7. Langkah-langkah Pengembangan Silabus

8. Pengembangan Silabus Berkelanjutan

APA ITU SILABUS?
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
SILABUS menjawab pertanyaan.....

1. Apa kompetensi yang harus dikuasai siswa?

2. Bagaimana cara mencapainya?

3. Bagaimana cara mengetahui pencapaiannya?

Tahapan Pengembangan SILABUS

1. Perencanaan

2. Pelaksanaan

3. Perbaikan

4. Pemantapan

5. Penilaian Pelaksanaan

Bagaimana Pengembangan SILABUS?

1. PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR
NASIONAL PENDIDIKAN, Pasal 17 ayat (2)

2. PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN, Pasal 20
Pengembang SILABUS

1. Guru kelas/mata pelajaran, atau

2. Kelompok guru kelas/mata pelajaran, atau

3. Kelompok kerja guru (PKG/MGMP), atau

4. Dinas Pendidikan

SILABUS

1. Apa kompetensi yang harus dikuasai siswa?

2. Bagaimana cara mencapainya?

3. Bagaimana cara mengetahui pencapaiannya?

Komponen SILABUS

1. Standar Kompetensi

2. Kompetensi Dasar

3. materi Pokok/Pembelajaran

4. Kegiatan Pembelajaran

5. Indikator

6. Penilaian

7. Alokasi Waktu

8. Sumber Belajar

FORMAT 1
SILABUS
Nama Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : .........................................
Kelas/Semester : .........................................
Alokasi Waktu : .........................................
Standar Kompetensi : .........................................
KD
Materi
Keg. Pembel
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

No comments: