aSILABUS
KELAS XII SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan | Laporan · laporan kegiatan OSIS · laporan kegiatan ekstrakurikuler · laporan perjalanan | · Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan · Mencatat pokok-pokok isi laporan · Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat) · Menentukan kalimat yang berupa fakta · Menentukan kalimat yang berupa opini | · Mencatat pokok-pokok isi laporan · Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat) · Menentukan kalimat yang berupa fakta · Menentukan kalimat yang berupa opini | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · laporan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · teks laporan dari media cetak/ elektronik · laporan kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat |
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran | Laporan · laporan kegiatan OSIS · laporan kegiatan ekstrakurikuler | · Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan · Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis · Memberikan saran untuk perbaikan laporan | · Mengemukakan kritik isi laporan · Memberikan saran untuk perbaikan laporan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · teks laporan dari media cetak/ elektronik · laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
2.1Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi | Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show) · ungkapan persetujuan atau penolakan · penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll. | · Melaksanakan diskusi · Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan · Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis. · Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis · Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara | · Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis. · Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis · Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat · Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara | Jenis Tagihan: · praktik · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku yang terkait dengan diskusi |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi | Buku nonfiksi · intisari buku · penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi · hal-hal yang menarik dalam buku · memberikan komentar | · Membaca buku nonfiksi * · Menulis intisari buku · Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif · Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman | · Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi · Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh · Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · performansi · format pengamatan | 4 | · buku nonfiksi · tuturan langsung |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami artikel dan teks pidato
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif | Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet) · ide pokok · Masalah dalam artikel · rangkuman artikel · kalimat majemuk · pola kalimat | · Membaca artikel · Menemukan ide pokok tiap paragraf · Merangkum isi seluruh artikel · Mencari permasalahan dalam artikel · Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat · Mengidentifikasi kalimat majemuk | · Menemukan ide pokok tiap paragraf · Menemukan kalimat pendukung ide pokok · Menemukan masalah dalam artikel · Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat · Mengidentifikasi kalimat majemuk | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas | 4 | · tuturan langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik · buku-buku penunjang |
3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat | Naskah pidato · Cara membacakan naskah pidato · Cara menanggapi pembacaan teks pidato | · Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi pendukung · Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi dan ekspresi yang tepat · Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman | · Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting · Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung · Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat · Menanggapi pembacaan teks pidato | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan · pilihan ganda · uraian bebas | 6 | · teks pidato dari internet/ media cetak · buku-buku penunjang |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur | Contoh surat lamaran · unsur-unsur surat lamaran pekerjaan · struktur surat lamaran pekerjaan · penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan · penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan | · Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri · Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan · Menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri · Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan EYD | · Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan · Menyusun surat lamaran pekerjaan · Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaanEYD | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan · praktik Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku yang berhubungan dengan surat-menyurat |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku | Contoh surat dinas · unsur-unsur surat dinas · struktur surat dinas · penggunaan bahasa dalam surat dinas · penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan | · Membaca contoh surat dinas · Mengidentifikasi struktur surat dinas (undangan rapat) · Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat · Menulis surat undangan rapat kedinasan · Menyunting surat undangan rapat dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa | · Mengidentifikasi struktur surat dinas · Menentukan komponen-komponen surat undangan rapat · Menulis surat undangan · Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi, dan bahasa | Jenis Tagihan: · tugas individu · tes tertulis Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku tentang surat-menyurat |
4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir | Contoh laporan diskusi · unsur-unsur laporan diskusi | · Membaca contoh laporan diskusi · Mengidentifikasi unsur-unsur yang terdapat dalam laporan hasil diskusi · Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar) · Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta) · Mendiskusikan laporan diskusi | · Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi · Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar) · Melengkapi laporan dengan lampiran | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 2 | ·laporan diskusi |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku | Resensi buku pengetahuan · unsur-unsur resensi antara lain: 1. identitas buku 2. isi yang penting/menarik 3. bahasa pengarang 4. keunggulan 5. kelemahan 6. kesimpulan | · Membaca buku (yang dimiliki sekolah atau siswa itu sendiri ) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah) · Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
· Mendiskusikan kelengkapan unsur- unsur resensi yang ditulis teman | · Mencatat identitas buku · Mendaftar pokok-pokok isi · Mencatat keunggulan dari isi buku · Mencatat kekurangan dari isi buku · Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi · Mendiskusikan resensi yang telah dibuat | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan resensi |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami pembacaan novel
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiata Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
5.1 Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | Penggalan novel · penangapan segi vokal · intonasi · penghayatan | · Mendengarkan pembacaan penggalan novel · Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | · Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan · praktik Bentuk Instrumen: · performansi · format pengamatan | 4 | · buku novel · media setempat · buku-buku penun-jang |
5.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel | Penggalan novel | · Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel yang dibacakan teman · Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik penggalan novel | · Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan · praktik Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku novel · media setempat · buku-buku penun-jang |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · puisi lama (pantun) · penanggapan pembacaan puisi dari segi: · lafal · intonasi · ekspresi | · Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat · Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari teman atau guru | · Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat · Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku kumpul-an puisi lama |
6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · Puisi baru · Mengomentari pembacaan puisi dari segi
| · Membaca dan manandai jeda pada puisi yang dibacakan · Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru · Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai · Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku kumpul-an puisi baru/ media cetak/ elektronik |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai | Puisi karya sendiri : · tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat) · cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi · makna puisi | · Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah) · Menandai jeda puisi karya sendiri · Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
· Menentukan makna puisi karya teman · Mengomentari puisi karya teman | · Menandai jeda puisi karya sendiri · Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan : · lafal dan intonasi · penghayatan · mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai · Menentukan makna puisi karya teman · Mengomentari puisi karya teman | Jenis Tagihan · tugas individu Bentuk Instrumen · unjuk kerja · pilihan ganda | 4 | · puisi karya sendiri |
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | · Cerpen · Unsur-unsur intrinsik cerpen : · tema, · latar, · alur, · penokohan/pesan | · Membaca cerpen · Menceritakan kembali isi cerpen · Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan) dengan data yang mendukung · Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik cerpen | · Menceritakan kembali isi cerpen · Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | Jenis Tagihan · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · kumpulan cerpen · media cetak/ internet · tape/ kaset |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi | ·buku kumpulan cerpen ·unsur-unsur resensi ·identitas buku ·kepengarangan ·kekurangan dan kelebihan isi buku ·bahasa pengarang, dll | · Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat) · Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi: · identitas buku · kepengarangan · kekurangan dan kelebihan isi buku · bahasa pengarang, dll · mendiskusikan resensi yang telah dibuat | · Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi · Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku kumpulan cerpen |
8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar) | · topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) · unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa) | · Menentukan topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat) · Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan · unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa) · Menanggapi cerpen yang ditulis teman | · Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) · Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen · Menanggapi cerpen yang ditulis teman | Jenis Tagihan: · tugas Individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan menulis cerpen · buku yang terkait dengan menulis cerpen |
SILABUS
KELAS XII SEMESTER 2
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung | Informasi secara langsung · pokok-pokok isi informasi · cara mengajukan saran · ringkasan isi informasi | · Mendengarkan informasi secara langsung * · Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara · Menulis ringkasan isi informasi | · Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung · Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara · Menulis ringkasan isi informasi | Jenis Tagihan: · tugas individu · kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · informasi secara langsung |
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi | Rekaman informasi · pokok-pokok isi informasi · cara mengajukan saran · ringkasan isi informasi | · Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi · Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan · Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman informasi | · Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman · Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan · Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · rekaman informasi dari radio/ televisi |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA / MA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal | Program kegiatan/ proposal · berpresentasi · diskusi dengan santun berdiskusi | · Menyusun program kegiatan/ proposal (di rumah) · Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan · Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan · Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan | · Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan · Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal · Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk instrumen: · Unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku yang terkait dengan proposal |
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat | Ide pidato dengan tema tertentu · cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat | · Menulis teks pidato dengan tema tertentu · Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat * · Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman · Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman | · Menulis teks pidato dengan tema tertentu · Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat · Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman · Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku yang terkait dengan pidato |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit | Teks 900 – 1050 kata) · teknik membaca cepat · rumus membaca cepat | · Membaca teks · Menemukan ide pokok · Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia | · Menemukan ide pokok · Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · artikel/ berita dari media cetak/ elektronik |
11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif | Teks yang berpola induktif dan deduktif · ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif · kalimat simpulan | · Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel | · Menemukan paragraf yang berpola induktif · Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif · Menemukan paragraf yang berpola deduktif · Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif · Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · teks dari media cetak/ elektronik |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif | Menulis karangan berpola deduktif dan induktif dengan memperhatikan: · ciri-ciri · kalimat kesimpulan · letak kalimat kesimpulan · penggunaan bahasa | · Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas) · Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif | · Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka · Menyunting karangan berpola deduktif induktif | Jenis Tagihan: tugas individu tugas kelompok ulangan Bentuk instrumen: uraian bebas pilihan ganda jawaban singkat | 4 | · teks dari media cetak/ elektronik |
12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup Menulis karangan melalui mekanisme dan langkah-langkah mengarang | esai | · Membaca contoh esai · Mengidentifikasi ciri-ciri esai · Menulis esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup · Memperbaiki essai (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca | · Menentukan topik untuk menulis esai · Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup · Menyusun paragraf pembukaan · Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf · Menyusun paragraf penutup · Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk instrumen: · uraian bebas | 6 | · contoh esai dari media cetak/ elektronik · buku Eyd |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
13. Memahami pembacaan teks drama
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan | Teks drama · unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat) | · Mendengarkan pembacaan teks drama · Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan · Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar · Melaporkan hail diskusi | · Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan · Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku kumpulan drama |
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama | Teks drama · simpulan isi drama | · Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks · Mendiskusikan simpulan isi teks drama | · Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks · Menyampaikan simpulan isi teks drama · Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaan singkat | 6 | · buku kumpulan drama |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam | Teks gurindam · ciri-ciri gurindam · nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral) | · Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam · Membacakan gurindam · Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar · Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar | · Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam · Membacakan gurindam · Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam · Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk Instrumen: · Unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku yang terkait dengan puisi lama |
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari | Teks gurindam · pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari | · Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini · Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | · Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini · Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja | 2 | · buku yang terkait dengan puisi lama · buku yang terkait dengan puisi lama |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA / MA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
15.1Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer | Kumpulan puisi kontemporer · ciri-ciri puisi kontemporer · tema puisi kontemporer · bentuk puisi kontemporer · diksi | · Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail) · Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer · Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer · Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi | · Mengidentifikasi tema puisi kontemporer · Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer · Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan puisi kontem-porer |
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode | Karya sastra berdasarkan periodisasi · karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode · perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode | · Membaca karya sastra dari tiap periode · Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode · Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode · Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) | · Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode · Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode · Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode · Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) | Jenis Tagihan: · tugas Individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku yang terkait dengan materi · karya sastra setiap periode |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
16. Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai | Kritik dan esai · ciri-ciri kritik dan esai · prinsip penulisan kritik dan esai | · Membaca kritik dan esai · Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra · Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra | · Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra · Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra | Jenis Tagihan: · tugas Individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 2 | · buku yang terkait dengan kritik sastra · buku yang terkait dengan kritik dan esai |
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra | Pengembangan gagasan atau pendapat untuk menulis kritik dan esai · cara menulis kritik dan esai | · Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai · Menyunting tulisan kritik dan esai sastra | · Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai · Menyunting tulisan kritik dan esai sastra | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 6 | · buku yang terkait dengan kritik dan esai · buku EyD |
No comments:
Post a Comment