Monday, April 4, 2011

Contoh Silabus


aSILABUS
KELAS XII SEMESTER 1

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
1.    Memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
1.1      Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan

Laporan
·   laporan kegiatan OSIS
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler
·   laporan perjalanan

·   Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
·     Mencatat pokok-pokok isi laporan
·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·     Menentukan kalimat yang berupa fakta
·     Menentukan kalimat yang berupa opini

·     Mencatat pokok-pokok isi laporan
·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·     Menentukan kalimat yang berupa fakta
·     Menentukan kalimat yang berupa opini


Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   laporan



Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
4
·      teks laporan dari media cetak/ elektronik

·      laporan kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat
1.2  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Laporan
·   laporan kegiatan OSIS
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler

·         Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
·         Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis
·         Memberikan saran untuk perbaikan laporan

·      Mengemukakan kritik  isi laporan
·      Memberikan saran untuk  perbaikan laporan

Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
4
·      teks laporan dari media cetak/ elektronik

·      laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat
SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Berbicara
2.       Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
2.1Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi


Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
·   ungkapan persetujuan atau penolakan
·     penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll.


·   Melaksanakan diskusi
·     Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
·      Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
·      Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis
·       Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara








·    Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
·   Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
·   Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
·   Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara





Jenis Tagihan:
·   praktik
·   tugas individu
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan
4
·   buku yang terkait dengan diskusi

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
2.2                          Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi

Buku nonfiksi
·   intisari buku
·   penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
·   hal-hal yang menarik dalam buku
·   memberikan komentar

·        Membaca buku nonfiksi *
·        Menulis intisari buku
·        Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif
·        Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman

·   Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
·   Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
·   Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman

Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   performansi
·   format pengamatan
4
·   buku nonfiksi

·   tuturan langsung























SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Membaca
3.       Memahami artikel dan teks pidato

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
3.1          Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
               
Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
·      ide pokok
·      Masalah dalam artikel
·      rangkuman artikel
·      kalimat majemuk
·      pola kalimat

·     Membaca artikel
·    Menemukan ide pokok  tiap paragraf
·   Merangkum isi seluruh artikel
·   Mencari permasalahan dalam artikel
·   Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
·   Mengidentifikasi kalimat majemuk

·    Menemukan ide pokok  tiap paragraf
·   Menemukan kalimat pendukung ide pokok
·   Menemukan masalah dalam artikel
·   Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
·   Mengidentifikasi kalimat majemuk

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan


Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
4
·   tuturan langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik
·   buku-buku penunjang


3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
Naskah pidato
·      Cara membacakan naskah pidato
·      Cara menanggapi pembacaan teks pidato

·   Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi pendukung  
·   Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi  dan ekspresi yang tepat
·   Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman

·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting  
·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
·   Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat
·   Menanggapi pembacaan teks pidato
Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·         unjuk kerja
·         format pengamatan
·         pilihan ganda
·         uraian bebas
6
·  teks pidato
  dari internet/ media cetak

·   buku-buku  
    penunjang


SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Menulis
                                   4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
4.1          Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur

Contoh surat lamaran
· unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
· struktur surat lamaran pekerjaan
· penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
· penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
·   Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
·     Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
·     Menyusun surat lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
·   Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan  EYD













·     Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
·     Menyusun surat lamaran  pekerjaan
·     Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD
Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     ulangan
·     praktik

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

4
·  buku yang berhubungan dengan surat-menyurat
Kompetensi
Dasar

Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
4.2          Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku

Contoh surat dinas
· unsur-unsur surat dinas
· struktur surat dinas
· penggunaan bahasa dalam surat dinas
· penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan

·   Membaca contoh surat dinas
· Mengidentifikasi struktur  surat  dinas (undangan rapat)
· Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
·   Menulis surat undangan rapat kedinasan
· Menyunting surat undangan rapat dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa
·    Mengidentifikasi struktur  surat  dinas
·    Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
·    Menulis surat undangan
·    Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
    dan bahasa

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tes tertulis

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
4
·   buku tentang surat-menyurat
4.3          Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir

Contoh laporan diskusi
· unsur-unsur laporan diskusi

·   Membaca contoh laporan diskusi
· Mengidentifikasi unsur-unsur yang  terdapat dalam laporan hasil diskusi
· Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
· Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta)
· Mendiskusikan laporan diskusi






·     Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
·     Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
·     Melengkapi laporan dengan lampiran
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
2
·laporan  
    diskusi
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
4.4          Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
Resensi buku pengetahuan
·     unsur-unsur resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan

·   Membaca buku  (yang dimiliki sekolah atau siswa itu sendiri ) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah)
·     Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
  1. identitas buku
  2. isi yang penting/menarik
  3. bahasa pengarang
  4. keunggulan
  5. kelemahan
  6. kesimpulan
·   Mendiskusikan kelengkapan unsur-
unsur resensi yang ditulis teman
·     Mencatat identitas buku
·     Mendaftar pokok-pokok isi
·     Mencatat keunggulan dari isi buku
·     Mencatat kekurangan dari isi buku
·  Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
·  Mendiskusikan resensi yang telah dibuat
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   ulangan


Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
4
·      buku yang terkait dengan resensi






SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                    5. Memahami pembacaan novel 

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiata
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
5.1    Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan   

Penggalan novel
·    penangapan segi vokal
·     intonasi
·     penghayatan


·   Mendengarkan pembacaan penggalan novel
·   Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
·    Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan
·     praktik

Bentuk Instrumen:
·   performansi
·   format pengamatan

4
·    buku novel

·    media setempat

·    buku-buku penun-jang
5.2    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel   
Penggalan novel
·  Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel  yang dibacakan teman
·  Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik  penggalan novel
·     Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan
·   praktik

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·    buku novel

·    media setempat

·    buku-buku penun-jang



SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Berbicara
                                      6. Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi 

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
6.1          Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

·   puisi lama (pantun)
·   penanggapan pembacaan puisi dari segi:
·      lafal
·      intonasi
·      ekspresi

· Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
·  Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
· Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari teman atau guru

· Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
·  Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
· Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari
Jenis Tagihan:
·     tugas individu

Bentuk Instrumen:
·     unjuk kerja
·     format pengamatan
4

·    buku kumpul-an puisi lama
6.2          Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·      Puisi baru
·      Mengomentari pembacaan puisi dari segi
  1. lafal
  2. intonasi
  3. ekspresi

· Membaca dan manandai jeda pada puisi yang dibacakan
· Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai 
· Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru
· Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·     Mendeklamasikan/
membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
·      Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

Jenis Tagihan:
·     tugas individu

Bentuk Instrumen:
·     unjuk kerja
·     format pengamatan
4

·  buku kumpul-an puisi baru/ media cetak/ elektronik

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Membaca
                                    7. Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
7.1  Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai

Puisi karya sendiri :
·     tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
·     cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
·     makna puisi

·     Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah)
·     Menandai jeda puisi karya sendiri
·     Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
  • lafal dan intonasi
  • penghayatan
  • mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
·     Menentukan makna puisi karya teman
·     Mengomentari puisi karya teman

·     Menandai jeda puisi karya sendiri
·     Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
·   lafal dan intonasi
·   penghayatan
·   mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
·     Menentukan makna puisi karya teman
·     Mengomentari puisi karya teman
Jenis Tagihan
·   tugas individu

Bentuk Instrumen
·   unjuk kerja
·   pilihan ganda
4

·      puisi karya sendiri
7.2  Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen    
·     Cerpen
·     Unsur-unsur intrinsik cerpen :
·     tema,
·     latar,
·     alur,
·     penokohan/pesan

·      Membaca cerpen
·      Menceritakan kembali isi cerpen
·      Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan)   dengan data yang mendukung
·      Mendiskusikan  unsur-unsur intrinsik cerpen
·   Menceritakan kembali isi cerpen
·   Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
Jenis Tagihan
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan
Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4

·  kumpulan cerpen
·  media cetak/ internet
·  tape/ kaset

SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Menulis
                                    8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
8.1  Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi

·buku kumpulan cerpen
·unsur-unsur resensi
·identitas buku
·kepengarangan
·kekurangan dan   kelebihan isi buku
·bahasa pengarang, dll


·     Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat)
·     Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi:
·   identitas buku
·   kepengarangan
·   kekurangan dan kelebihan isi buku
·   bahasa pengarang, dll
·   mendiskusikan resensi yang telah dibuat

· Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
· Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4

·   buku kumpulan cerpen
8.2  Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)
·        topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
·        unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
·     Menentukan topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat)
·     Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan
·     unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
·     Menanggapi cerpen yang ditulis teman
·     Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
·     Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
·     Menanggapi cerpen yang ditulis teman
Jenis Tagihan:
·   tugas Individu
·   tugas kelompok
·    ulangan


Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·     jawaban singkat

4

·   buku yang terkait dengan menulis cerpen

·   buku yang terkait dengan menulis cerpen



SILABUS
KELAS XII SEMESTER 2

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                            9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
9.1          Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   

Informasi secara langsung
·      pokok-pokok isi informasi
·      cara mengajukan saran
·      ringkasan isi informasi

·   Mendengarkan informasi secara langsung *
·  Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·  Menulis ringkasan isi informasi


·     Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
·     Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·     Menulis ringkasan isi informasi
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   kelompok
·   ulangan
Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat

4
·    informasi secara langsung
9.2          Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi  
Rekaman informasi
·      pokok-pokok isi informasi
·      cara mengajukan saran
·      ringkasan isi informasi

·      Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
·       Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·      Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman informasi
·     Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
·     Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·     Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4
·    rekaman informasi dari radio/ televisi


SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA / MA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Berbicara
                                            10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

Kompetensi
Dasar

Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal 




Program kegiatan/ proposal
·     berpresentasi
·     diskusi dengan
     santun berdiskusi

·      Menyusun program kegiatan/ proposal (di rumah)
·     Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·     Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
·     Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan

·   Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·   Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
·   Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
Jenis Tagihan:
·  tugas kelompok
·   tugas individu

Bentuk instrumen:
·   Unjuk kerja
·   format pengamatan
4
·     buku yang terkait dengan proposal
10.2           Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Ide pidato dengan tema tertentu
·     cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat

·     Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·     Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
·     Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·     Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman

·  Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·  Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·  Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·  Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
Jenis Tagihan:
·  tugas individu

Bentuk instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan
4
·   buku yang terkait dengan pidato
SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Membaca
                                             11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
11.1  Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
Teks 900 – 1050 kata)
·   teknik membaca cepat
·   rumus membaca cepat
·     Membaca teks
·     Menemukan ide pokok
·     Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia 

·    Menemukan ide pokok
·    Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia


Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat

2
· artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
11.2  Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  
Teks yang berpola induktif dan deduktif
·   ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
·   kalimat simpulan
·   Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel


·   Menemukan paragraf yang berpola induktif
·   Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
·   Menemukan paragraf yang berpola deduktif
·   Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
·   Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·    teks dari media cetak/ elektronik



SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Menulis
                                             12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
12.1           Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 

Menulis karangan berpola deduktif dan  induktif dengan memperhatikan:
·   ciri-ciri
·   kalimat kesimpulan
·   letak kalimat kesimpulan
·   penggunaan bahasa
·     Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
·     Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif
·   Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
·   Menyunting karangan berpola deduktif induktif
Jenis Tagihan:
tugas individu
tugas kelompok
 ulangan

Bentuk instrumen:
uraian bebas
pilihan ganda
jawaban singkat
4
·    teks dari media cetak/ elektronik
12.2           Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
       
        Menulis karangan melalui mekanisme dan langkah-langkah mengarang
esai
·     Membaca contoh esai
·     Mengidentifikasi ciri-ciri esai
·     Menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·     Memperbaiki essai (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca
·   Menentukan topik untuk menulis esai
·   Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·   Menyusun paragraf pembukaan
·   Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
·   Menyusun paragraf penutup
·   Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk instrumen:
·   uraian bebas

6
·   contoh esai dari media cetak/ elektronik
·   buku  Eyd


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                             13. Memahami pembacaan teks drama

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
13.1           Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan     
  
Teks drama
·   unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)

·   Mendengarkan pembacaan teks drama
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar
·   Melaporkan hail diskusi

·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas individu
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaban singkat

4
·  buku kumpulan drama
13.2           Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 
Teks drama
·   simpulan isi drama

·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·   Mendiskusikan simpulan isi teks drama

·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·   Menyampaikan simpulan isi teks drama
·   Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaan singkat
6
·  buku kumpulan drama




SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Berbicara
                                     14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
14.1           Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  

Teks gurindam
·   ciri-ciri gurindam
·   nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)
·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·   Membacakan gurindam
·     Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar

·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·   Membacakan gurindam
·   Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   Unjuk kerja
·   format pengamatan
4
·    buku yang terkait dengan puisi lama
14.2          Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Teks gurindam
·   pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     tugas individu



Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
2
·    buku yang terkait dengan puisi lama
·    buku yang terkait dengan puisi lama

SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA / MA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Membaca
                                     15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
15.1Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
Kumpulan puisi kontemporer
·   ciri-ciri puisi kontemporer
·   tema puisi kontemporer
·   bentuk puisi kontemporer
·   diksi

·     Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
·     Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
·     Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·     Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi

·   Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
·   Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer


Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·   buku yang terkait dengan puisi kontem-porer
15.2           Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   

Karya sastra berdasarkan periodisasi
·   karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
·   perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode

·     Membaca karya sastra dari tiap periode                
·     Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·     Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·     Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) 
·   Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·   Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·   Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   
Jenis Tagihan:
·     tugas Individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·      jawaban singkat
4
·     buku yang terkait dengan materi
·   karya sastra setiap periode


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA 01 SELOK AWAR-AWAR
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Menulis
                                              16. Mengungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
16.1           Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai

Kritik dan esai
·   ciri-ciri kritik dan esai
·   prinsip penulisan kritik dan esai

·     Membaca kritik dan esai
·     Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·     Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra

·   Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·   Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra

Jenis Tagihan:
·     tugas Individu
·      tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·      jawaban singkat

2
·   buku yang terkait dengan kritik sastra

·   buku yang terkait dengan kritik dan esai
16.2           Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra 
Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
·   cara menulis kritik dan esai

·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
6
·   buku yang terkait dengan kritik dan esai
·   buku EyD

No comments: