Sunday, October 2, 2011

Manfaat Mendengarkan Radio

Mendengar radio adalah aktifitas sederhana yang menyenangkan, kegiatan ini banyak dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja, baik pagi buta, siang benderang maupun ditengah gulita malam sekalipun, ibarat kata mendengar radio bagi sebagian masyarakat seperti halnya makan dan minum, menjadi kebutuhan.
 
PRSSNI Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia area Jatim
Radio Eksis
Fenomena mendengar radio terus berubah dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi yang menyertainya. Jaman dulu radio pernah menjadi primadona hiburan bagi masyarakat kita ketika kompetitornya hanya film yang harus diputar di gedung bioskop dan untuk menikmati film tersebut anda diharuskan mengeluarkan biaya. Masa-masa kejayaan bioskop digerus tak bersisa oleh kehadiran teknologi baru saat itu yaitu VCD/DVD player .

Era berikutnya adalah internet, teknologi yang satu ini tak hanya merubah gaya orang mendengar radio tapi juga merubah perilaku orang dalam mendengar radio, sebut saja era dulu, untuk aktif mendengar dan mengikuti acara radio anda harus datang ke stuido dan membeli formulir untuk kemudian diisi dan dikirimkan kembali ke studio lalu didengarkan dirumah saat bekerja atau memasak, pada era selanjutnya untuk aktif berpartisipasi di acara radio anda bisa menelpon secara live dan berbicara langsung dengan penyiarnya, dan kini....untuk terlibat aktif saat mendengar radio banyak pilihan, bisa kirim kartu request (beberapa radio sudah tak menggunakan cara kuno ini), menelpon langsung, mengirim via elektronik mail, request lagu via jejaring sosial (fesbuk & twitter) dan menggunakan teknologi SMS, yang terakhir ini paling banyak digunakan karena selain praktis, murah dan cepat sampai.


Pendengar Radio
Boleh dibilang pendengar radio tak ada batas kasta, anak kecil, remaja hingga dewasa bahkan orang tua sekalipun, tidak di desa tidak di kota. Radio bisa di dengar sambil bekerja, memasak, tiduran atau menyetir mobil, hal ini bisa terjadi karena radio memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh media lain seperti koran, majalah & televisi, mendengar radio tak butuh konsentrasi, sambil lalu saja..... Andapun saya yakin pendengar radio, atau fans salah satu radio favorit tertentu? Terlebih saat teknologi hp menyertakan radio didalamnya, menjadikan akses mendengar radio makin luas, termasuk (maaf) saat anda berada di kamar mandi.


Manfaat Dengar Radio
Reformasi di negeri kita yang terjadi setelah orde baru membuka jalan bagi munculnya radio-radio baru yang pada satu sisi makin banyak pilihan bagi pendengar radio tetapi satu sisi menambah "chaos" persaingan radio terutama radio swasta, sehingga para programmer radio dituntut bisa membuat radio yang dikelolanya menarik untuk terus didengar dan bisa menjaring banyak pendengar.

Beberapa manfaat mendengar radio yang saya tanyakan kepada mereka diantaranya sebagai berikut :

  • terhibur

  • penghilang stress

  • menambah wawasan/pengetahuan

  • dapat jodoh

  • banyak teman

  • bisa curhat

  • pengusir kejenuhan

  • pelampiasan

  • cari hadiah

  • dan masih banyak lagi

Apa manfaat mendengar radio bagi anda?

1 comment:

ribby said...

dapat mempromoskan produk produk terbaru