Tuesday, March 27, 2012

Contoh RPP ( nama sekolah semisal )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                   : SMP NEGERI 2 PASIRIAN
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              : IX/2
Standar Kompetensi       12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk     karya      ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca.
Kompetensi Dasar             : 12.2. Menulis teks pidato / ceramah / khotbah dengan sistematika dan    bahasa yang efektif
Alokasi waktu                        : 2 x 40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat menulis teks pidato / ceramah / khotbah  dengan sistematika dan bahasa yang efektif

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.   Materi  Pembelajaran
a.     Menentukan tema
Contoh : Olahraga
b.     Kerangka pidato : Menyambut kedatangan Kontingen Olahraga
1)   Pembukaan
-  salam
-  sapaan
-  ucapan syukur
2)  Isi
-  Ucapan selamat datang kepada kontingen
-  ucapan terima kasih kepada kontingen
-  Tujuan bertanding
-  Pesan agar bertanding secara sportif
      3)  Penutup
-  ucapan selamat
-  harapan
-  ucapan terima kasih
-  permohonan maaf
-  salam penutup

c.     Pengembangan kerangka menjadi teks pidato
(disesuaikan kerangka yang ada)
     
3.   Metode Pembelajaran
      a. Permodelan
      b. Inkuiri
      c. Demonstrasi




4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik mencermati teks pidato dari nara sumber
2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang isi teks pidato, ceramah dan khotbah
Memotivasi :
1. Peserta didik mengembangkan kerangka menjadi teks pidato / ceramah / khotbah dengan
    memperhatikan sistematika yang baik






      b. Kegiatan Inti.  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
§  memfasilitasi  Peserta didik dapat   menentukan tema pidato / ceramah / khotbah
§  Peserta didik menyusun kerangka pidato / ceramah / khotbah
§  Peserta didik menyunting teks pidato
§  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
§  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§  Peserta didik berlatih membuat pidato
§  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
§  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
§  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
§  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik




5.   Sumber Belajar
      a. Buku-buku pidato / ceramah / khotbah
      b. VCD
      c. Nara sumber

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menentukan tema pidato/ceramah/khotbah
·    Mampu menyusun kerangka pidato/ceramah/khotbah
·    Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik

Tes praktik /kinerja




Uji petik kerja


Susunlah teks pidato/ceramah/ khotbah melalui langkah-langkah: menentukan tema, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka menjadi teks dengan sistematika yang baik, dan menyuntingnya pada tahap akhir!
     
1. Susunlah teks pidato / ceramah / khotbah melalui langkah-langkah menentukan tema, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka menjadi teks dengan sistematika yang baik !

      Pedoman Penskoran

Kegiatan
Jelas
Kurang jelas
Tidak jelas

- Tema jelas
2
1
0

- Sistematika runtut
2
1
0

- Pengembangan gagasan
2
1
0














                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMP N 2 Pasirian


( Agus priyono )
NPM: 090401080002

Pasirian , 3 Januari 2011
Guru Mapel Bhs Indonesia.



( Syamsul arifin )
NPM : 090401080062

No comments: