RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMP
NEGERI 2 PASIRIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/2
Standar Kompetensi 12. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat
pembaca.
Kompetensi Dasar : 12.2. Menulis teks pidato / ceramah /
khotbah dengan sistematika dan bahasa
yang efektif
Alokasi
waktu : 2 x 40
menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat menulis teks pidato / ceramah / khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Menentukan tema
Contoh : Olahraga
b.
Kerangka pidato : Menyambut
kedatangan Kontingen Olahraga
1) Pembukaan
- salam
- sapaan
- ucapan syukur
2) Isi
- Ucapan selamat datang kepada kontingen
- ucapan terima kasih kepada kontingen
- Tujuan bertanding
- Pesan agar bertanding secara sportif
3) Penutup
- ucapan selamat
- harapan
- ucapan terima kasih
- permohonan maaf
- salam penutup
c.
Pengembangan kerangka
menjadi teks pidato
(disesuaikan
kerangka yang ada)
3. Metode
Pembelajaran
a.
Permodelan
b.
Inkuiri
c.
Demonstrasi
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi
:
1. Peserta didik mencermati teks
pidato dari nara sumber
2. Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang isi teks pidato, ceramah dan khotbah
Memotivasi :
1. Peserta didik mengembangkan
kerangka menjadi teks pidato / ceramah / khotbah dengan
memperhatikan
sistematika yang baik
b. Kegiatan
Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ mampu bercerita dengan urutan yang
baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
§ memfasilitasi Peserta didik dapat menentukan tema pidato /
ceramah / khotbah
§ Peserta didik menyusun kerangka
pidato / ceramah / khotbah
§ Peserta didik menyunting teks
pidato
§ melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
§ menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
§ melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
§ Peserta didik berlatih membuat pidato
§ memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
§ memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
§ memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
§ memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
§ memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
§ memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
§ melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§ memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
§ merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik
5. Sumber Belajar
a.
Buku-buku pidato / ceramah / khotbah
b. VCD
c.
Nara sumber
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu menentukan tema pidato/ceramah/khotbah
· Mampu menyusun kerangka
pidato/ceramah/khotbah
· Mampu mengembangkan
kerangka menjadi teks pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika
yang baik
|
Tes praktik /kinerja
|
Uji petik kerja
|
Susunlah teks pidato/ceramah/ khotbah melalui
langkah-langkah: menentukan tema, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka
menjadi teks dengan sistematika yang baik, dan menyuntingnya pada tahap
akhir!
|
1. Susunlah teks pidato / ceramah
/ khotbah melalui langkah-langkah menentukan tema, menyusun kerangka,
mengembangkan kerangka menjadi teks dengan sistematika yang baik !
Pedoman
Penskoran
Kegiatan
|
Jelas
|
Kurang jelas
|
Tidak jelas
|
||||
- Tema jelas
|
2
|
1
|
0
|
||||
- Sistematika runtut
|
2
|
1
|
0
|
||||
- Pengembangan gagasan
|
2
|
1
|
0
|
||||
|
|
|
|||||
Mengetahui,
Kepala SMP N 2 Pasirian
( Agus priyono )
NPM: 090401080002
|
|
Pasirian , 3 Januari 2011
Guru Mapel Bhs Indonesia.
( Syamsul arifin )
NPM : 090401080062
|
No comments:
Post a Comment