Monday, June 11, 2012

Contoh petikan Skripsi Sistem informatika


BAB I
 PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Pesatnya perkembangan teknologi terutama dalam teknologi komunikasi dan  informasi saat ini membawa pengaruh yang besar bagi kehidupan, khususnya dalam bidang pendidikan dan komunikasi, yang menyebabkan pertukaran informasi diantara pengguna komputer menjadi sangat mudah dan cepat, hal ini dapat berjalan lancar apabila ada suatu jaringan computer. “Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan yang lainnya, dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi atau media komunikasi sebagai sarana yang tepat untuk mengalirkan informasi” (Siallagan, 2009:13). Dengan demikian, diharapkan informasi tersebut dapat diakses oleh pengguna kapan saja secara online melalui jaringan komputer yang sudah terkoneksi internet. Fungsi lain jaringan komputer adalah menyediakan fasilitas untuk melakukan sharing dalam penggunaan hardware maupun software.
“Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya” (Jogiyanto, 1990:8). Untuk mendapatkan dan menghasilkan informasi, komputer dan teknologi adalah suatu alat bantu yang tepat. Kebutuhan akan informasi mendorong adanya ketersediaan sarana seperti pemasangan jaringan internet di setiap sekolah sebagai salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan atau diperlukan dalam menyajikan informasi,

 
fasilitas ini sebagai media informasi yang cepat, akurat dan up to date dalam menyajikan informasi yang perlukan.
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah yang selanjutnya disingkat (MKKS) merupakan suatu wadah asosiasi atau perkumpulan Kepala Sekolah yang ada di kabupaten Malang, saat ini ketuanya adalah Kepala Sekolah SMAN 1 Kepanjen.  Adapun tugasnya adalah membuat soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) untuk kelas 12 atau kelas 3. Sistem pendistribusian soalnya masih konvensional dilakukan dengan cara setiap sekolah membuat dan menyetor soal dalam bentuk hardcopy ke sekolah yang ditunjuk sebagai tempat MKKS, kemudian MKKS menyaring semua soal ujian tersebut. Setelah dilakukan penyaringan, soal ujian tersebut dikembalikan lagi dalam bentuk hardcopy yang siap diujiankan kepada siswa. Pihak MKKS sering kewalahan dalam mengfilter soal karena harus mengetik ulang naskah soal tersebut. Untuk distribusi soal, setiap sekolah mengirimkan perwakilan untuk mengambil soal ujian di kantor MKKS, dan itu sangat membutuhkan tenaga, waktu dan biaya.
Berdasarkan dari hal tersebut di atas, perlunya dibangun suatu sistem pendistribusian soal ujian berbasis web untuk memudahkan dari pihak sekolah dalam pengiriman soal dan mencetak soal yang sudah di filter oleh MKKS melalui website tersebut.
Sistem ini sudah dilengkapi dengan tingkat keamanan enkripsi data, dimana digunakan untuk menyandikan data-data atau informasi sehingga tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berhak. Dengan enkripsi data disandikan dengan menggunakan sebuah kunci (key). Untuk membuka (decrypt) data tersebut digunakan juga sebuah kunci yang dapat sama dengan kunci untuk mengenkripsi atau dengan kunci yang berbeda.
1.2              Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahannya adalah bagaimana merancang bangun sistem pendistribusian soal ujian berbasis web?
1.3              Batasan Masalah
Batasan masalah yang diberikan dalam tugas akhir ini adalah
1.        Sistem hanya menangani masalah pendistribusian soal ujian.
2.        Sistem hanya digunakan untuk SMA Negeri di Kabupaten Malang.
3.        Mata pelajaran yang di UAS (matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, fisika, biologi, kimia, sejarah, geografi, dan ekonomi).
4.        Tidak membahas dari pembuatan rumusan soal.
5.      Implementasi dengan menggunakan PHP dan database MySQL sebagai basis/dasar dalam merancang sistem informasi.
1.4              Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan tugas akhir adalah untuk meranancang bangun sistem pendistribusian soal ujian berbasis web.
1.5       Manfaat Penulisan
1.      Bagi Penulis
Untuk menumbuh kembangkan dan memantapkan kreativitas dibidang teknologi khususnya teknologi website serta dapat meningkatkan dan memperluas penerapan ilmu pengetahuan yang berkembang dibidang teknologi saat ini.
2.      Bagi MKKS
Meningkatkan kinerja yang dapat menunjang kelancaran pendistribusian soal ujian agar efektif dan efisien.
1.6              Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan tugas akhir adalah
1.       Studi literature
yaitu dengan memperoleh bahan-bahan penelitian dengan jalan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan sistem pendistribusian soal ujian.
2.      Observasi
Penulis mengadakan peninjauan langsung ke SMAN 1 Kepanjen sebagai tempat perkumpulan MKKS dengan mencatat secara sistematika data yang dibutuhkan.
3.       Wawancara
            Metode ini dilakukan dengan cara tanya jawab dengan narasumber yang bersangkutan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penelitian.




1.7              Sistematika Penulisan
Pembahasan topik pandangan, perencanaan dan analisis aplikasi ini disusun dalam sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bagian ini meliputi latar belakang masalah, perumusan  masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Berisi teori yang akan digunakan dalam perancangan sistem pembelajaran yang akan dibangun.
BAB III RANCANGAN SISTEM
Membahas tentang proses perancangan sistem dan pembuatan program.
BAB IV IMPLEMENTASI
Berisi tentang hasil pengujian terhadap program yang telah dibuat dan melakukan analisa pada pengujian.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan dan saran dari penulis yang berhubungan dengan pembuatan tugas akhir ini.


Fay085233266627



No comments: