Sunday, October 27, 2013

Abis Wisuda

Lulus kuliah, diwisuda bisa bermakna ganda bagi setiap mahasiswa. Yah di hari itu ada kebahagiaan sekaligus kesedihan ditambah tantangan. Bahagia ya wajar, karena dia telah berhasil menyelesaikan perjuangan dan amanah dari orang tuanya. Pergi pagi, pulang sore, lembur tugas, antri konsultasi, nilai jelek, tugas menumpuk telah dilewati dengan baik. Tetapi ada kesedihan juga di hari itu ketika harus berpisah dengan almamater, teman kuliah dan sedih juga karena beragam fasilitas semasa kuliah cepat atau lambat akan dihapus. MIsalnya, malu lah sudah lolos masih menengadahkan tangan minta uang saku dari orang tua, minta pulsa, atau masih aja minta uang kos. Jadi  siap-siap kalau tiba-tiba harus hidup dengan beragam kekurangan fasilitas. Sedih jjuga karena mulai hari itu akan kehilangan beragam alasan yang biasa diungkapkan ketika masih mahasiswa. Contohnya, kok masih minta duit orang tua? kalau masih kuliah tinggal dijawab kan masih mahasiswa, belum kerja. Ditanya kok belum nikah?jawab juga kan masih mahasiswa, nunggu lulus. Nah kalau sudah lulus, alasan apalagi yang mau kita ungkapkan hee.
Tapi yang lebih penting mulai hari itu kita harus siap menghadapi tantangan. Terjun ke dunia nyata, mencari penghasilan, menentukan arah masa depan, bersikap realistis, optimis dan kerja keras. ADa beberapa kemungkinan setelah wisuda, diantaranya:

- Ada yang sudah punya pekerjaan semenjak kuliah, nah ini tinggal nerusin aja. Entah jadi karyawan atau punya usaha sendiri.

- Sudah punya calon suami/istri. yang ini tinggal masuk pelaminan dan menempuh hidup rumah tangga

- Bingung gak punya rencana, biasanya langganan koran melihat info lowongan, gabung milis pencari kerja, datang ke job fair, nanya teman dan saudara kalau ada lowongan.
Apapun posisi kita setelah wisuda, ikutilah selalu dengan doa dan usaha. raihlah masa depan dengan keyakinan, usaha dan tentu saja dibarengi doa. Semoga sukses…
 

No comments: