Wednesday, April 3, 2013

Cara Ampuh Memperoleh Kebahagiaan

Bahagia itu adalah sebuah rasa, sama dengan sakit, senang, susah, kesal atau juga rindu, semua itu adalah Indikator kebahagiaan Dunia)
sebuah rasa, atau banyak orang menyebutnya dengan kata perasaan, di dalam hati manusia. Maka tidak mudah orang mendefinisikan arti kebahagiaan itu karena permasalahannya urusan hati, tetapi setiap orang punya cara tersendiri memperoleh dan mendapatkan kebahagiaan itu, tetapi memang ada indikator yang dapat jadi ukuran seseorang mendapatkan kebahagiaan. (baca:
Memperoleh kebahagiaan dengan kunci utamanya adalah mengisi hatinya dengan penuh oleh perasaan bahagia tanpa sedikitpun membiarkan ruang kosongnya untuk diisi oleh perasaan lainnya. Dengan cara itu siapapun orangnya dia akan merasakan bahagia dalam kondisi apapun.

Banyak orang beranggapan bahwa bahagia itu ketika seseorang sudah mendapatkan harta yang banyak. Juga tidak sedikit yang beranggapan bahwa bahagia itu bisa didapatkan dengan uang yang banyak, kedudukan yang tinggi atau nama yang terkenal. Padahal jika kita mau berpikir lebih jauh berapa banyak orang yang dirinya kita anggap sebagai orang yang hartanya banyak tetapi hidupnya jauh dari bahagia. Dan tidak sedikit dari orang-orang yang kita anggap memiliki uang banyak, jabatannya selangit, atau namanya yang terkenal sejagat raya tetapi perjalanan hidupnya tidak merasa bahagia sedikitpun. Hal itu tidak lain dan tidak bukan karena di dalam dirinya sulit untuk mengisi hatinya dengan kata bahagia.

Di bawah ini diantara cara ampuh agar hati kita bisa memperoleh kebahagiaan
Pertama: Buanglah jauh-jauh sifat yang dapat menghilangkan rasa bahagia. Yaitu sifat-sifat yang bertentangan dengan sifat bahagia itu sendiri, diantaranya adalah, kesal, sebal, sakit, marah, iri hati, dengki, berprasangka buruk dan sifat-sifat jelek lainnya. Buanglah sejauh mungkin sifat-sifat itu dari hati kita, maka rasa bahagia itu akan bersemayan dengan tenang di dalam hati kita tanpa gangguan dari pihak manapun. Ini adalah langkah yang paling utama untuk meraih satu tiket kebahagiaan.

Kedua: Hadirkan di dalam hati kita rasa bahagia itu dengan sekuat-kuatnya. Buatlah rasa bahagia itu betah dalam hati kita heheheheheyaitu dengan cara selalu berpikir positip kepada siapapun. Tanpa ada rasa curiga dan apalagi sikap antipati kepada orang lain. Hal ini adalah sangat penting sekali untuk dapat merasakan bahagia, karena dengan selalu memiliki perasaan curiga kepada orang lain maka kita akan selalu dihantui oleh perasaan bersalah dan dan bahkan cenderung menyalahkan orang lain tanpa sebab yang tentunya dapat mengganggu pikiran dan perasaan kita sehingga hati kita akan semakin jauh dari rasa bahagia.

Ketiga:  Belajar bersikap jujur dan bersyukur dengan segala sesuatu yang sudah kita dapatkan sampai detik ini, tanpa berpikir untuk selalu berangan-angan mendapatkan sesuatu yang sulit untuk diraih.
Dengan cara ini maka hati kita akan terasa tenang dan tentram tanpa adanya hayalan-hayalan semu yang tentunya dapat mengganggu konsentrasi kita untuk merasakan dan menikmatai apa-apa yang sudah kita dapatkan seelama ini.

Keempat: Sisihkan sebagian rezeki yang kita miliki untuk orang lain, walaupun nilainya mungkin tidak seberapa, tetapi dengan cara seperti itu maka kita sedikitnya sudah mampu meringankan beban penderitaan orang lain. Mereka akan senang dan mereka juga akan merasa bahagia. Karena hal yang paling indah dalam hidup ini adalah ketika kita mampu untuk membuat orang lain bahagia. Disitulah nilai kebahagiaan yang sesungguhnya. Meraka bahagia dan kita juga akan merasa benar-benar bahagia.
 
 
 
Sumber :  http://kawuli.blogspot.com/2013/04/cara-ampuh-memperoleh-kebahagiaan.html

No comments: