Tuesday, July 17, 2012

Buku Harian Sangat Membantu Turunkan Berat Badan

Jakarta, Diet menurunkan berat badan bisa dibilang gampang-gampang susah, banyak yang bilang gampang tetapi tetap susah dilakukan. Buku harian sangat membantu kesuksesan diet, asal isinya bukan melulu curhat melainkan juga catatan menu makan.

Sebuah penelitian terbaru di Fred Hutchinson Cancer Research Center menunjukkan ada 3 hal yang sangat menentukan keberhasilan program diet. Ketiga faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Minggu (15/7/2012).

1. Membuat catatan harian
Orang yang membuat catatan harian setiap hari selama menjalankan program diet, berat badannya turun rata-rata 2,7 kg lebih banyak dibandingkan yang tidak pernah mencatat menu makannya.

2. Disiplin dengan pola makan
Ada anggapan kalau sering melewatkan waktu makan lama-kelamaan berat badannya akan lebih cepat turun. Anggapan ini salah, karena orang yang pola makannya disiplin justru lebih cepat menurunkan berat badannya sebanyak 3,6 kg.

3. Makan di luar
Kalau ingin berat badannya turun 2,3 kg lebih banyak, sebaiknya jangan setiap hari masak sendiri. Sekali waktu, pergi keluar bersama keluarga untuk makan di restoran. Cara ini terbukti efektif menurunkan berat badan lebih cepat, terutama jika dilakukan saat makan siang.

Dari ketiga faktor yang mempercepat penurunan berat badan, faktor yang paling sering terlupakan adalah catatan harian. Banyak yang memiliki buku harian, tetapi isinya lebih banyak soal curahan hati atau curhat dan jarang sekali diisi catatan pola makan.

Agar bisa dimanfaatkan dalam menunjang program diet, catatan pola makan dalam buku harian setidaknya harus memenuhi persyaratan sebagai berikut ini:

1. Harus menyeluruh
Catatan harian harus memuuat tiap detail menu makan yang dikonsumsi. Mulai dari bahan baku yang digunakan, bumbu serta tambahan-tambahan dan kalau memungkinkan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya.

2. Sesuai kenyataan
Pastikan semua yang dimakan sudah tercatat, jangan ada yang ditambah-tambahkan atau malah terlewat tidak dicatat lalu terlupakan.

3. Akurat
Porsi makan yang disantap, dan kalau perlu label di kemasannya juga dicatat karena berguna untuk menghitung asupan nutrisi.

4. Konsisten
Catatan makan sebaiknya selalu dibawa ke manapun seseorang pergi. Kalau repot membawa buku catatan, zaman sekarang banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan misalnya aplikasi memo atau pencatat di ponsel pintar.


Sumber : http://health.detik.com

No comments: