Wednesday, December 25, 2013

Pilkades di Desa Selok Awar-awar



Hampir keseluruhan desa di Kabupaten Lumajang melaksanakan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) termasuk di Desaku tercinta Selok Awar-awar. Pilkades tidak dilaksanakan secara serentak melainkan 1 hari ada beberapa desa yang mengadakan Pesta Demokrasi ini. Tidak seperti Pemilihan Kepala Desa sebelumnya yang dilakukan setiap desa bergantian, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir Perjudian hehehe
                   
Suasana Jalan depan Balai desa
Di Desaku Pilkades diadakan pada hari kamis, 19 Desember 2013. Seharian warga Selok Awar-awar mengikuti pemilihan Kepala Desa, sebuah pesta Demokrasi 6 tahunan yang digelar Desaku. Masyarakat Desa seperti merasakan semangat, tegang dan suasana pesta rakyat yang meriah. Masyarakat berbondong datang ke Balai Desa untuk memberikan hak suaranya.

Tua-Muda, Kakek-nenek, Ibu-anak menyatu di Balai Desa. Suasana ramai diselimuti Mendung dan Para penjaja makanan dan mainan. Baner foto Para calon Kepala Desa terpampang jelas dan besar di halaman Balai Desa dan juga Tim sukses dari para calon kades hadir di situ. Para pendukung dari para calon memberikan semangat dan juga doa bagi para Calon Kepala Desa. Oh ya Calon Kepala Desa ada 3 Calon, Nama-namanya yaitu :

1. Hariono. B
2. Eko Prasetyo, dan
3. Abdul Halim

Mereka bersaing untuk mendapatkan kursi nomer satu di Desaku. 3 kandidat yang kelihatannya sama-sama Populer di Desaku, Pak Hariono Mantan kepala desa yang mencalonkan kembali sebagai kepala desa untuk yang kedua kalinya, Eko Prasetyo yang sebelumnya sempat dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai kepala desa sebelum Pilkades ini tetapi entah karena alasan apa, tidak jadi kemudian dalam Pilkades ini beliau mencalonkan diri, dan Pak Abdul Halim, setahuku beliau adalah Juragan Pepaya di Desaku, selebihnya aku kurang tahu hehehe...

Ketiga Calon Kades ini tampak terlihat sedikit tegang, harap-harap cemas menantikan perolehan suara mereka, tapi ketiganya berkomitmen untuk saling legowo menerima kemenangan untuk semua dan kekalahan. Kemenangan untuk semua kemenangan dan kemenangan untuk semua Warga. Itulah Demokrasi yang tentunya diharapkan oleh Warga. Tidak ada kecurangan atau tindakan anarkis yang bisa merusak Demokrasi tersebut.

Para Warga silih berganti mendaftar Pencoblosan. Oleh Panitia pintu pendaftaran dibagi menjadi 3 pintu masuk sesuai Dusun masing-masing, Diantaranya :
1. Selok Kebonan
2. Selok Krajan 1, dan
3. Selok Krajan 2

Para petugas mendata satu persatu Warga agar tidak terjadi penggelembungan data ataupun praktek kecurangan lain.

Hansip melakukann penjagaan dan terlihat juga aparat Polisi, Koramil, Pegawai Kecamatan, dan para undangan lainnya.

Halaman Balai Desa
Jelang pukul 13.00 WIB, pemungutan suara akhirnya selesai juga. Semua orang merapat ke Balai Desa, ada juga yang memilih berkumpul di satu sudut sambil ngobrol tentang keseharian mereka yang mayoritas adalah bertani. Tak ada perang yel-yel atau ketegangan diantara mereka.

Akhirnya perhitungan suara selesai, Pak Hariono terpilih untuk yang kedua kalinya menjadi Kepala Desa Selok Awar-awar hehehe, disambut antusias perasaan gembira para Pendukungnya.

Inilah satu pelajarann yang berharga untuk para warga di Desaku yang patut ditiru dari para Calon Kepala Desa tersebut. Saling menghormati, tidak saling menjatuhkan, tidak ada rasa dendam dan menerima kemenangan, kekalahan secara terbuka. Betapa Indahnya Demokrasi. Pak Hariono tidak menyombongkan kemenangannya dan Kandidat yang lain atau yang kalah tidak mencari-cari alasan untuk menggugat kemenangan Lawan. Pepatah Jawa mengatakan "Menang Tanpo Ngasorake" menang tanpa merendahkan pihak lawan.
Pak Hariono

Seorang Pemimpin memang haruslah pandai membina suasana hatinya, tidak mudah terpancing emosi, seperti di dalam sebuah pertandingan ada yang menang dan ada yang kalah.

Tidak usah kita menengok betapa banyaknya perselisihan pada Pemilu Bupati, Gubernur, Wakil Rakyat, bahkan Presiden. Terlalu banyak contoh buruk dihadapan kita. Ada baiknya kita belajar dari Bapak-bapak Calon Kadesku ini hehehe yaitu sifat kesatria dan sportifitas.

"Kepada Bapak Hariono, saya ucapkan selamat telah terpilih pada Pilkades periode 2013-2018. Semoga bisa membawa perubahan, kemajuan, amanah serta menjadi teladan bagi Masyarakat Selok Awar-awar,  Amin.."

No comments: