Thursday, December 8, 2011

7 khasiat mandi pagi dengan air dingin





7 khasiat mandi pagi dengan air dingin -- Jiwaku
Para Nabi dan Rasul adalah manusia mulia yang senantiasa menghidupkan waktu sepertiga malam sampai fajar. Untuk itu mereka adalah manusia paling sehat dibanding umatnya. Keteladanan ini diikuti para tabi’in, tabuit tabi’in dan salafush shalih. Mereka meraih kesehatan dengan banyak mendekatkan diri kepada Allah ta’ala, dan Insya Allah termasuk kebiasaan mandi dikala fajar.


Dr.Abdul Hamid Dayyat dan Universitas Kairo, Mesir menjelaskan manfaat kesehatan yang diperoleh orang dengan bangun pagi banyak sekali. Diantaranya, gas O3 (ozon) di udara sangat melimpah saat fajar, kemudian berkurang sedikit demi sedikit, hingga habis ketika matahari terbenam.

Gas O3 mempunyai pengaruh positif pada urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar yang dinamakan udara pagi, dia merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada taranya diwaktu manapun, baik siang ataupun malam.

Fajar adalah periode waktu yang mendahului matahari terbit. Indikasinya yaitu adanya cahaya matahari yang lemah sementara matahari sendiri masih dibawah horizon.

Sementara itu beberapa hasil penelitian, menyimpulkan sebaiknya seseorang membiasakan mandi pagi dengan air dingin. Sebab, sedikitnya ada 7 manfaat mandi pagi dengan air dingin :

1.      Mandi pagi dengan air dingin mampu melancarkan peredaran darah.
Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.
2.      Mandi pagi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih.
Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.
3.      Mandi pagi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi.
Mandi air dingin juga menurunkan timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.
4.      Mandi pagi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan.
Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita, yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.
5.      Mandi pagi dengan air dingin memperbaiki kesehatan jaringan tubuh.
Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal. Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.
6.      Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat.
Apa sih yang terjadi pada rambut bila dibilas dengan air dingin?
Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.
7.      Mandi pagi dengan air dingin berkhasiat meredakan depresi.
Mandi pagi dengan air dingin juga menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan memberikan semangat menjalalni aktifitas sehari-hari. 
Sumber(tabloid bekam;edisi 6/th.1/ha. 10)

No comments: