- ABB III
ASAS-ASAS PENGEMBANGAN KURIKULUM
- ASAS FILOSOFIS
- 2. ASAS TEKNOLOGI
Filsafat atau falsafah berasal dari bahasa Yunani : philoshopis, philo, philos, philein yang berarti cinta, pecinta, mencintai.
Shopia berarti kebijaksanaan, wisdom, kearifan, hikmat, hakikat kebenaran.
- Filsafat dalam arti proses atau produk
- Sebagai ilmu atau pandangan hidup
- Filsafat dalam arti teori atau praktis
- Idealisme
- Realisme
- Pragmatisme
- Eksistensialisme
- Filsafat Hidup Pancasila
Dalam pembukaan UUD 1945 tercantum 5 sila yang merupakan kesatuan yang
bulat. Pancasila yang utuh dan bulat itu memberi keyakinan kepada rakyat dan
bangsa Indonesia bahwa kebahagiaan hidup akan tercapai apabila didasarkan
atas keselarasan dan keseimbangan.
- Filsafat pendidikan Indonesia adalah Pancasila. Oleh karena itu tujuan pendidikan dapat dibagi menjadi 3 tahap
1. Tahap jangka panjang yaitu tujuan pendidikan nasional.
2. Tahap jangka menengah yaitu tujuan institusional.
3. Tahap jangka pendek yaitu tujua instruksional.
- Alat untuk mencapai tujuan tersebut adalah kurikulum tahun 1994 yang terdiri atas berbagai komponen yang tersusun sebagai berikut :
- Landasan program pengembangan :
a. Landasan dan pedoman pengembangan
b. Tujuan pendidikan
c. Program pengajaran
d. Pengembangan kurikulum
a. Pengertian dan fungsi mata pelajaran
b. Tujuan mata pelajaran
c. Lunas bahan
d. Pokok-pokok bahasan
e. Konsep
f. Uraian
g. Rambu-rambu Proses Pembelajaran
a. Pedoman Proses Pembelajaran
b. Pengelolaan Proses Pembelajaran
c. Pedoman bimbingan belajar
d. Pedoman penilaian
4. Komponen pelaksana dan penyelenggara pendidikan :
a. Kepala sekolah dan guru
b. Tenaga bukan pengajar lainnya
Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dipisahkan dan secara garis besar teknologi dibagi menjadi dua yaitu :
- Teknologi sederhana (anyam-anyaman,ukiran dll)
- Teknologi canggih ( Perindustrian, pertanian dll )
- Perkembangan teknologi tidak lepas dari hasil-hasil penelitian, jasa laboratorium dan berbagai fasilitas yang lain serta sumber daya manusianya sendiri.
- Tidak semua hasil penelitan manfaatnya dapat langsung digunakan
- Dengan demikian sudah selayaknya kalau para penyusun kurikulum terutama dalam pemasukan bahan ajar hendaknya bersifat dinamis dan fleksibel terhadap perkembangan teknologi.
- Kurikulum tidak boleh meninggalkan kemajuan teknologi pendidikan.
- Dengan majunya teknologi informasi, diharapkan bahwa mengajar adalah membuat yang belajar mengajar diri sendiri.
- Peranan guru dapat digantikan dengan media intruksional baik yang berupa media cetak maupun non cetak.
Jadi dengan teknologi pendidikan modern, proses pembelajaran akan dilakukan dengan berbagai sistem penyampainya.
KELOMPOK 6
1. AGUS PRIYONO (090401080002)
2. SITI FATIMAH (090401080155)
3. WIDJI DEVITASARI (080401080009)
No comments:
Post a Comment