Saturday, June 4, 2011


  • ABB III

    ASAS-ASAS PENGEMBANGAN KURIKULUM
  1. ASAS FILOSOFIS
  • 2. ASAS TEKNOLOGI
Filsafat atau falsafah berasal dari bahasa Yunani : philoshopis, philo, philos, philein yang berarti cinta, pecinta, mencintai.
Shopia berarti kebijaksanaan, wisdom, kearifan, hikmat, hakikat kebenaran.
  1. Filsafat dalam arti proses atau produk
  2. Sebagai ilmu atau pandangan hidup
  3. Filsafat dalam arti teori atau praktis
  • Idealisme
  • Realisme
  • Pragmatisme
  • Eksistensialisme
  • Filsafat Hidup Pancasila
Dalam pembukaan UUD 1945 tercantum 5 sila yang merupakan kesatuan yang
bulat. Pancasila yang utuh dan bulat itu memberi keyakinan kepada rakyat dan
bangsa Indonesia bahwa kebahagiaan hidup akan tercapai apabila didasarkan
atas keselarasan dan keseimbangan.
  • Filsafat pendidikan Indonesia adalah Pancasila. Oleh karena itu tujuan pendidikan dapat dibagi menjadi 3 tahap
1. Tahap jangka panjang yaitu tujuan pendidikan nasional.
2. Tahap jangka menengah yaitu tujuan institusional.
3. Tahap jangka pendek yaitu tujua instruksional.
  • Alat untuk mencapai tujuan tersebut adalah kurikulum tahun 1994 yang terdiri atas berbagai komponen yang tersusun sebagai berikut :
  1. Landasan program pengembangan :
a. Landasan dan pedoman pengembangan
b. Tujuan pendidikan
c. Program pengajaran
d. Pengembangan kurikulum
a. Pengertian dan fungsi mata pelajaran
b. Tujuan mata pelajaran
c. Lunas bahan
d. Pokok-pokok bahasan
e. Konsep
f. Uraian
g. Rambu-rambu Proses Pembelajaran
a. Pedoman Proses Pembelajaran
b. Pengelolaan Proses Pembelajaran
c. Pedoman bimbingan belajar
d. Pedoman penilaian
4. Komponen pelaksana dan penyelenggara pendidikan :
a. Kepala sekolah dan guru
b. Tenaga bukan pengajar lainnya
Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dipisahkan dan secara garis besar teknologi dibagi menjadi dua yaitu :
  • Teknologi sederhana (anyam-anyaman,ukiran dll)
  • Teknologi canggih ( Perindustrian, pertanian dll )
  • Perkembangan teknologi tidak lepas dari hasil-hasil penelitian, jasa laboratorium dan berbagai fasilitas yang lain serta sumber daya manusianya sendiri.
  • Tidak semua hasil penelitan manfaatnya dapat langsung digunakan
  • Dengan demikian sudah selayaknya kalau para penyusun kurikulum terutama dalam pemasukan bahan ajar hendaknya bersifat dinamis dan fleksibel terhadap perkembangan teknologi.
  • Kurikulum tidak boleh meninggalkan kemajuan teknologi pendidikan.
  • Dengan majunya teknologi informasi, diharapkan bahwa mengajar adalah membuat yang belajar mengajar diri sendiri.
  • Peranan guru dapat digantikan dengan media intruksional baik yang berupa media cetak maupun non cetak.
Jadi dengan teknologi pendidikan modern, proses pembelajaran akan dilakukan dengan berbagai sistem penyampainya.
KELOMPOK 6
1. AGUS PRIYONO (090401080002)
2. SITI FATIMAH (090401080155)
3. WIDJI DEVITASARI (080401080009)


No comments: