Saturday, June 4, 2011

Antara Bahasa dan Budaya


NAMA :ANGGORO TRI H.
KELAS : A
NPM :090401080157
MK :SOSIOLINGUISTIK
Keterkaitan artikel yang berjudul Antara Bahasa dan Budaya dengan buku sosiolinguistik oleh Prof.Dr.Sumarsono M.Ed. khususnya Bab I-II.


  1. Suryadi, dosen Politeknik Medan, dalam makalahnya Hubungan Antara Bahasa dan Budaya, yang disampaikan dalam seminar nasional “Budaya Etnik III” di Universitas Sumatera Utara 25 April 2009 kemarin. Ia menyebutkan bahwa bahasa adalah produk budaya pemakai bahasa. Menurut saya kalimat ini mempunyai keterkaitan antara buku (sosiolinguistik: hal 20) yaitu bahasa sering dianggap sebagai produk sosial atau produk budaya bahkan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan itu.




  1. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi III (2005:88) disebutkan bahwa:
  1. bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota satu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri;
  2. bahasa merupakan percapakan (perkataan) yang baik.
Menurut saya kalimat diatas ada kaitan dengan buku (sosiolingustik: hal 18) yaitu menurut pandangan muncul dari linguistik struktural tokoh bloomfield bahwa bahasa adalah sistim lambang berupa bunyi yang bersifat sewenang-wenang (arbitrer) yang dipakai oleh anggota masyarakat untuk saling berhubungan dengan berinteraksi.

No comments: